Loading

Please Wait while we set
things up for you!

Wednesday, 11 October 2023 12:00

Rekomendasi Internet Kantor Terbaik Untuk Bisnis Anda

Akses internet merupakan hal yang esensial pada saat ini, khususnya untuk kebutuhan perkantoran. Akses internet yang cepat dan stabil merupakan hal utama, untuk itu memilih vendor penyedia layanan internet kantor terbaik sangatlah penting.

Telekomunikasi digital sampai saat ini terus merambat dari kota hingga ke pelosok desa. Pada era millennial ini, masyarakat sebagai pengguna layanan dapat mengakses internet baik itu dari rumah, sekolah, kantor, hingga area publik lain yang dapat dijangkau. 

Menurut Badan Pusat Statistik, pengguna internet service provider didominasi oleh pelanggan perorangan sebanyak 91,53%, dan sisanya adalah pelanggan perusahaan sebanyak 8,45%. Informasi tersebut menunjukan bahwa internet sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dihilangkan dari berbagai aspek kehidupan.

Apalagi dinamika digitalisasi telah sangat menyusup menggantikan semua hal yang dianggap tidak efisien dalam sektor bisnis maupun pemerintahan. Mau tidak mau, seluruh entitas usaha mengikuti standar terbaru dan beradaptasi untuk dapat selaras dengan yang sudah beralih moda.

Internet Dalam Kantor

Interconnected Network atau Internet adalah sebuah sistem jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer lokal dengan jaringan komputer di seluruh dunia secara global. 

Tonggak sejarah internet mulai masuk ke Indonesia yang digawangi oleh IndoNet sebagai internet service provider pertama, dan hingga kini perkembangan internet sudah sangat terlihat, seperti misalnya Bekasi dan Jakarta Selatan yang menduduki peringkat pertama dan kedua untuk kota dengan jaringan internet paling cepat di Indonesia.

Prasarana yang dapat diakses dengan internet dan dimanfaatkan oleh sektor bisnis umumnya seperti electronic mail (email), mesin pencarian seperti google, platform design seperti figma, customer relation system, media sosial (youtube, instagram, twitter, dan tiktok) dan masih banyak lagi.

Penggunaan internet masa kini dirasakan sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien seperti halnya aktivitas mengakses informasi, berkomunikasi dengan pihak internal maupun eksternal, penetrasi marketing menggunakan sosial media, hingga jajak pendapat mengenai kepuasan pelanggan yang dilakukan perusahaan.

Sehingga dibutuhkan kualitas bandwidth dari internet kantor yang terbaik demi mengakomodir setiap lini kebutuhan dari personil dan departemen bisnis dalam sebuah badan usaha. 

Namun, tidak jarang beberapa perusahaan menerapkan pembatasan penggunaan internet pada karyawannya. Alasannya beragam mulai dari meningkatkan produktivitas karyawan, menghemat bandwidth, hingga memberikan kesempatan kepada rekan kerja lain yang sedang butuh lebih banyak kapasitas kuota internet.

Lantas, bagaimana dengan kebijakan internet pada perusahaan Anda?

Sajian Data BPS Mengenai Internet Kantor

Menurut data BPS atau Badan Pusat Statistik yang diambil dari hasil pendataan Survei Susenas pada tahun 2021, terdapat 62,10% populasi masyarakat Indonesia yang dapat mengakses internet, dengan sumber lokasi yang berbeda, yakni rumah, kantor, sekolah hingga fasilitas umum.

Aktivitas penduduk pengguna internet yang mengakses dari rumah adalah sebesar 96,46%, lokasi favorit kedua ialah public site yakni sebanyak 25,87%, disusul oleh area perkantoran sejumlah 24,79%, kemudian yang terakhir adalah zona sekolah sebesar 7,79%. Data tersebut terangkum pada tahun 2021.

Persentase akses internet tertinggi terdapat di Provinsi DKI Jakarta dengan nilai sekitar 77,61% pada tahun 2020 dan meningkat menjadi 85,55% pada tahun 2021. Sementara persentase terendah terdapat di Provinsi Papua dimana tahun 2020 perolehan nilainya sekitar 25,52%, dan meningkat di tahun 2021 yakni sekitar 26,49%.

Hal ini menunjukan perkembangan kepemilikan akses internet yang terus bergerak masif, terutama kebutuhan untuk sektor bisnis seperti perkantoran, yang tentunya akan menunjang sarana dan aktivitas usaha agar berjalan dengan efektif dan efisien.

Penjelasan Mengapa Kantor Harus Memilih Jaringan Internet Kantor Yang Baik

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat tidak dapat dipungkiri telah memberikan perubahan yang sangat mendasar dalam pengelolaan aktivitas bisnis. Kebutuhan pokok dari sebuah perusahaan salah satunya adalah layanan internet berkualitas, dan berikut adalah alasan mengapa internet kantor Anda haruslah yang terbaik:

  1. Perangkat Elektronik Terhubung Internet

Eranya mesin ketik telah berlalu, perangkat elektronik yang menunjang pekerjaan di kantor semuanya terhubung dengan koneksi internet. Bukan hanya komputer dan laptop, smartphone sampai mesin fotocopy di dalam kantor Anda pasti terhubung dengan internet. Kembali lagi ke landasan utamanyanya bahwa keberadaan internet akan sangat memberi kemudahan dalam pekerjaan.

  1. Perangkat Online yang Memfasilitasi Pekerjaan

Media penyimpanan administrasi, layanan perhitungan akuntansi, perangkat desain, hingga media untuk memonitor rantai pasokan logistik, sebagian besar berupa situs web yang memerlukan aksesibilitas internet dalam pemanfaatannya. Dengan demikian, Anda perlu memilih internet service provider yang mumpuni untuk menjembatani persoalan ini.

  1. Penyimpanan Cloud

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, sarana penyimpanan yang berhubungan dengan dokumen-dokumen yang dihasilkan setiap departemen dalam korporasi memerlukan wadah yang berfungsi sebagai perangkat penyimpanan, dan umumnya perusahaan menggunakan perangkat penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive yang bisa diakses setiap saat. Tidak jarang keluhan muncul apabila media ini tidak dapat diakses dengan baik karena kecepatan internet lambat.

  1. Wahana Penghubung dan Pemasaran

Semakin ketatnya persaingan menimbulkan ragam opsi untuk lebih dekat dengan pelanggan, seperti halnya promosi online dan sarana pengaduan konsumen yang diakomodasi juga melalui keberadaan internet. Aktivitas komunikasi eksternal ini akan lebih murah apabila media siarnya diunggah secara online, peningkatan revenue melalui jalur ini telah berkembang semenjak era digitalisasi dimulai.

  1. Efektifitas dan Efisiensi Pekerjaan

Melalui akses internet yang cepat, semua orang di dalam perusahaan dapat mengakses banyak website untuk menemukan data penunjang pekerjaan, proses penyebaran informasi dapat lebih cepat, mutu pekerjaan menjadi lebih baik, penggandaan dokumen dapat disimpan secara online, hingga duplikasi server untuk meminimalisir hal  yang buruk terjadi. Beberapa faktor tersebut tidak akan berjalan tanpa adanya jaringan internet kantor yang baik.

Keuntungan Memiliki Internet Kantor Yang Cepat

Apabila dilihat secara general hampir semua perusahaan memanfaatkan peluang akses instan melalui internet untuk mendapatkan informasi dan kemampuan mengintegrasikan seluruh pekerjaannya. Sehingga hal ini memberikan banyak benefit bagi perusahaan tersebut, diantaranya yaitu:

  1. Menekan Biaya Komunikasi

Dengan memanfaatkan fasilitas electronic mail atau email, Anda bisa dengan mudah berkoordinasi dengan rekan kerja maupun klien, tidak perlu lagi menghabiskan dana untuk pulsa pribadi, tagihan telepon kantor, sampai biaya kirim dokumen. 

Hanya dengan chatting atau menggunakan fasilitas telepon online dari media komunikasi seperti whatsapp dan telegram, tarif yang dikenakan masuk kedalam fasilitas internet yang terhubung pada wifi kantor maupun paket jaringan internet masing-masing personil.

  1. Menjawab Kebutuhan Konsumen Secara Real Time

Infrastruktur online seperti website perusahaan yang menghubungkan marketing atau sales person dengan klien, layanan pelanggan dalam bentuk whatsapp business, sampai link survey responden untuk menilai kualitas pelayanan yang dapat dijangkau melalui internet. Peran internet disini ialah menjadikan perusahaan secara real time (langsung) terhubung dengan pelanggannya, sehingga segala keperluan klien dapat dipenuhi dengan cepat.

  1. Koordinasi Lebih Cepat

Sudah dapat dipastikan bahwa dengan kecepatan internet kantor yang baik, proses interaksi meeting online dengan klien maupun kantor cabang dapat berjalan dengan khidmat tanpa terganggu sinyal yang putus-putus. Kebutuhan akan koordinasi yang lancar antara kantor pusat dengan petugas lapangan juga dapat menjadi pertimbangan saat ini untuk memilih provider internet tercepat.

  1. Penyiaran Informasi Terupdate

Penyebaran informasi mengenai berita terbaru pula dapat menjadi sesuatu yang dibutuhkan dewasa ini, misalnya saja regulasi terbaru mengenai ketenagakerjaan yang akan sangat berguna untuk departemen SDM dalam menyesuaikan kebijakan perusahaan terkait hal tersebut.

  1. Memudahkan Pekerjaan

Digitalisasi global menjalar pula ke sistem perangkat kerja, hal ini tentunya menjadikan kinerja dari para pegawai semakin bagus dan efisien. Perputaran alur pekerjaan antar divisi menjadi semakin lancar, hingga mendukung eskalasi terhadap goals perusahaan.

Kerugian Akibat Internet Kantor Lambat

Sedang buru-buru dikejar deadline tapi malah terhambat karena internet kantor yang lemot. Kejadian menjengkelkan seperti ini pastinya semua orang pernah mengalami, lantas apa saja kerugian yang ditimbulkan akibat dari internet kantor yang lambat?

  1. Mengganggu Stabilitas Kerja

Internet kantor yang lambat sudah pasti menularkan berbagai masalah seperti halnya tugas pekerjaan terhambat, meeting tertunda, SOP berantakan, gagal untuk input data, sampai batal deal dengan klien, karena sebagian besar pekerjaan kita bergantung pada internet.

  1. Komunikasi Terputus

Komunikasi mengambil peran penting dalam kehidupan manusia, norma yang terbangun dalam etika bisnis pada umumnya bertujuan untuk saling bertukar informasi, distribusi instruksi, hingga pengutaraan opini. Seperti yang kita tahu bahwa internet membukakan jalan bagi kelancaran itu semua, jadi apabila internet di kantor Anda buruk, maka imbasnya bisa sampai pada ranah komunikasi.

  1. Rusaknya Hubungan

Dampak dari stabilitas kerja yang kacau dan komunikasi yang tidak merata akan mengarah pada rusaknya hubungan. Seperti misalnya, karena internet kantor sedang gangguan maka koordinasi antar karyawan akan terhambat, komunikasi dengan pelanggan lumayan terganggu, dan berakibat pada hubungan multilateral yang retak.

  1. Efek Psikologis

Menurut Ericsonlab, lalu lintas internet yang lambat akan menjadi faktor peningkatan stres pada masyarakat. Bahasan sebelumnya juga sudah terbukti mengarah pada hal tersebut, mulai dari tingkat produktivitas yang menurun, hubungan yang renggang sampai pada kegagalan dalam mencapai tujuan perusahaan.

  1. Kerugian Materi

Padahal perusahaan sudah menggelontorkan anggaran untuk kemaslahatan bersama perihal internet, namun ketika yang diharapkan malah tidak kesampaian, bukan hanya melemahnya produktivitas saja yang membuat perusahaan merugi, segmentasi kerugian juga terjadi pada hal materi. Dikarenakan umumnya paket berlangganan yang ditawarkan oleh provider tidaklah murah, dan hal inilah yang akan menjadi bahan pembelajaran kedepannya.

Tips Memilih Provider Internet Kantor Terbaik

Perkara pemilihan penyedia jasa layanan internet yang berkualitas merupakan sebuah hal yang krusial, karena apabila salah pilih maka permasalahan akan merembet kemana-mana. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih provider internet kantor terbaik ialah:

  1. Domisili Kantor

Layanan penyedia jasa internet umumnya tidak semuanya mampu menjangkau area-area tertentu, keterbatasan inilah yang perlu Anda antisipasi dalam pemilihan provider. Pastikan lokasi kantor Anda merupakan zona yang memang masuk dalam cakupan mereka, konfirmasi kembali informasi tersebut melalui contact person dari penyedia layanan.

  1. Layanan Terpercaya

Anda dapat mencari informasi mengenai penyedia jasa internet dari hasil testimoni pelanggan, baik itu online maupun dengan bertanya kepada lingkungan sekitar kantor. Penyedia layanan yang paling banyak dipakai belum tentu memiliki kualitas yang baik, maka dari itu Anda perlu menelisik lebih dalam mengenai hal tersebut.

  1. Perhitungan Porsi yang Dibutuhkan

Kebutuhan internet untuk kantor tentunya akan sangat berbeda dengan apa yang biasa ditemukan bagi internet service rumahan. Pertimbangkan pemakaian dan kecepatan maksimum bandwidth yang dibutuhkan, dan kekuatan sinyal pada saluran kabel. 

  1. Produk yang Ditawarkan

Selain kuota internet, Anda dapat menanyakan tentang kelengkapan piranti nirkabel (access point) yang didapat seperti modem atau router, kabel LAN, hingga tersedianya jaringan kabel fiber optik di lingkungan. Selain itu layanan lain yang wajib anda garis bawahi ialah berupa proses pemasangan, pengaduan gangguan, aksesibilitas pembayaran hingga maintenance rutin.

  1. Harga

Last but not least adalah harga. Diskusikan lebih lanjut dengan pengambil keputusan mengenai pilihan paket dengan harga yang memang dapat dijangkau oleh perusahaan, penawaran untuk paket bundling biasanya didapat bagi pelanggan pertama. Atau Anda dapat memanfaatkan promo pada hari besar tertentu seperti diskon hari kemerdekaan dan lain sebagainya.

Menghindari Cyber Floating Dalam Lingkungan Kerja

Jangan sampai karena internet sudah berjalan baik di kantor, malah dimanfaatkan dengan tidak baik hingga mempengaruhi kinerja dari para pekerjanya, seperti misalnya kelakuan cyber floating ini.

Cyber floating adalah tindakan karyawan yang menggunakan akses internet organisasi atau perusahaan untuk keperluan pribadi selama jam kerja. Gejala ini muncul akibat tekanan pekerjaan dan karyawan mencoba menumpahkannya pada hal-hal yang dianggap sebagai painkiller atau pereda bosan, atas kendala pekerjaan yang dihadapi karyawan.

Sejatinya internet dibangun dalam lingkungan kantor untuk mengawal pekerjaan agar lebih produktif, malah terjadi sebaliknya. Namun tindakan cyber floating seperti mabuk sosial media, berselancar pada e-commerce, bermain game, sampai yang terburuk ialah kecanduan situs ilegal (judi dan porno).

Upaya preventif yang dilakukan perusahaan biasanya dengan membatasi situs-situs tertentu, langkahnya yakni memonitor laman apa yang diakses oleh setiap perangkat selain pekerjaannya. 

Cyber floating tidak selamanya buruk, terkadang disela-sela kesibukan yang padat, karyawan juga membutuhkan pengalihan untuk meredakan tingkat stress yang menumpuk dari pekerjaan. Misalnya dengan mendengarkan musik, mencari referensi video, sebagai bentuk aktualisasi diri terhadap informasi yang berkembang.

Rekomendasi Internet Kantor Terbaik Dari iForte?

Berbicara mengenai solusi untuk mendapatkan penyedia layanan internet kantor terbaik, maka iForte menjadi pilihan teratas bagi kebutuhan Anda.

Kami memiliki keahlian dan pengalaman yang akan memberikan Anda kenyamanan dalam menjalankan bisnis. Semenjak 2002, iForte telah membuktikan eksistensinya dengan mengantongi izin jaringan tetap tertutup dan izin sebagai penyelenggara jasa internet. Hingga akhir tahun 2020, iForte telah berhasil membangun dan mengoperasikan kabel fiber optik sepanjang 80.000 km dan menargetkan untuk mencapai lebih dari 100.000 km di akhir tahun 2021.

iForte selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dan pelayanan profesional, untuk memperkuat fokus iForte dalam bisnis Telekomunikasi Indonesia dan memantapkan visi iForte sebagai penyedia layanan jaringan Data Communication & Connectivity berbasis kabel optik, wireless, dan VSAT.

Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui:

Email : contact@iforte.co.id 

Telp : (021) 2358 6320