IForte, Membangun Jaringan Telekomunikasi Indonesia

IForte, Membangun Jaringan Telekomunikasi Indonesia

PT iForte Solusi Infotek didirikan pada tahun 2002, di saat dunia digital belum berkembang pesat seperti sekarang ini. Pada tahun itu, iForte sudah menjalankan bisnis VSAT, ISP dan outsourcing business dan mengantongi izin jaringan tetap tertutup telekomunikasi dan izin sebagai penyelengara jasa internet. “Jadi iForte sudah cukup lama menjadi bagian dunia Telekomunikasi di Indonesia,” ujar Rony Ardhitia, Vice President Director of Technology & Operation iForte. 

Di tahun – tahun berikutnya iForte mulai serius memantapkan diri sebagai penyedia layanan jaringan Telekomunikasi berbasis kabel optic, satelit komunikasi dan broadband wireless serta Micro BTS. Hingga tahun 2020, iForte memiliki dan mengoperasikan lebih dari 6.000 site VSAT. Selain itu di tahun ini iForte juga berhasil mengkoneksikan lebih dari 10.000 tower di Indonesia dengan jaringan kabel fiber optik. Saat ini iForte telah memiliki kabel fiber optik sepanjang 34.200 KM dan menargetkan akan mencapai lebih dari 40.000 KM di akhir tahun 2020. Hal ini semakin memperkuat fokus iForte sebagai bagian penting dalam bisnis Telekomunikasi Indonesia. 

Hingga saat ini iForte melayani 1000 perusahaan dan seluruh operator telekomunikasi di Indonesia dengan memberikan layanan data komunikasi, konektivifitas internet dan infrastruktur tower. iForte Solusi Infotek terus berkomitmen menjadi penyedia jasa infrastruktur telekomunikasi terkemuka di Indonesia. “Kami terus menawarkan pelayanan terbaik kepada para pelanggan kami,” kata pria yang akrab disapa Pak Rony ini. Keseriusan pembangunan infrastruktur ini menjadi bukti semangat iForte untuk melayani pelanggan. 

Kekuatan iForte.

Rony mengungkapkan, keberhasilan ini didukung oleh tiga hal penting. 

Pertama, semangat iForte untuk membangun jaringan telekomunikasi didukung penuh oleh PT Protelindo sebagai induk perusahaan iForte. Protelindo sendiri merupakan anak usaha dari PT Sarana Menara Nusantara, Tbk (TOWR), pemilik dan operator tower independent terbesar di Indonesia dengan kepemilikan lebih dari 21.000 tower di seluruh penjuru Indonesia. 

Kedua, IForte menyadari bahwa kekuatan layanan adalah yang utama. iForte tidak hanya mengejar angka pertumbuhan dengan memperluas jangkauan layanan, tetapi juga konsistensi untuk menjaga kualitas jaringan selalu aktif. Aktifasi jaringan itu adalah hal yang sangat penting. “Percuma membangun jaringan backbone kabel fiber optik yang luas tetapi layanan tidak aktif. iForte menetapkan standar layanan yang tinggi untuk menjaga kinerja layanan jaringan. 

Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah dukungan karyawan yang handal. iForte fokus mengembangkan karyawan diawali dengan membangun core values perusahaan sebagai fondasi utama dalam bekerja. iForte berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja yang positif dan produktif. Standar dan produktifitas karyawan menjadi sangat penting sehingga menjadi salah satu kekuatan iForte. Semangat produktifitas itu tidak hanya ada di jajaran management, tetapi juga di seluruh lini. “Sebagai bisnis jasa, kami menyadari karyawan adalah aset terbesar dan terpenting yang kami miliki. Kami bangun semangat di tengah – tengah karyawan untuk menjadikan iForte sebagai tempat untuk tumbuh dan maju bersama” ungkap Rony dengan penuh semangat. Itulah sebabnya kekuatan karyawan menjadi penentu keberhasilan perusahaan iForte.

Strategi iForte ke depan. 

Kebutuhan digitalisasi saat ini menjadi keuntungan tersendiri bagi iForte. Secara khusus segmentasi enterprise (korporat) menjadi salah satu fokus iForte di tahun mendatang. “Kami juga melihat, bahwa pandemic Covid – 19 ini semakin mendorong korporasi untuk menyegerakan adaptasi dan transformasi di dunia digital. Maka kami sangat optimis untuk berkembang semakin besar sebagai impact dari meningkatnya trend digitalisasi di kalangan tersebut, “Rony menambahkan. 

Tidak hanya di segmen korporasi, operator telekomunikasi juga saat ini memiliki keterkaitan yang erat bersinggungan dengan bisnis lainnya seperti di keuangan khususnya payment cashless, media dan sebagainya, sehingga hal ini membuka peluang pertumbuhan bagi dunia operator yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan iForte. Di sisi lain, wilayah geografi Indonesia belum seluruhnya tercover jaringan telekomunikasi. Kondisi ini semakin mendorong iForte untuk terus membangun jaringan infrastruktur telekomunikasi guna menunjang coverage jaringan seluler yang semakin meningkat. 

iForte berkomitmen untuk terus berperan dan membangun Indonesia dengan mengembangkan jaringan infrastruktur telekomunikasi di seluruh pelosok Indonesia demi konektifitas jaringan telekomunikasi. “Sesuai motto iForte, Connectivity for Better Life”, tutup Rony.

(Dikutip dari https://www.komite.id/2020/08/12/iforte-membangun-jaringan-telekomunikasi-indonesia/)

Bagikan artikel ini

Berlangganan iForte News

Bergabunglah dengan iForte News untuk mengikuti berita terbaru terkait layanan dan solusi dari iForte

Artikel Terkait

Recap Webinar: Menjadi Guru Yang Asik di Era Online Learning

Recap Webinar: Menjadi Guru Yang Asik di Era Online L...

Sebuah rangkuman singkat webinar terbaru Iforte, berjudul “Menjadi Guru Yang Asik di Era Online Learning”

Lihat Lebih Right
Recap Webinar: Supply Chain dalam Era Digital Kontemporer

Recap Webinar: Supply Chain dalam Era Digital Kontemp...

Sebuah rangkuman singkat webinar Juli Iforte, berjudul "The Future of Supply Chain 4.0"

Lihat Lebih Right
Perlindungan Data Pribadi dan Tantangan Cyber Security Pada Fintech

Perlindungan Data Pribadi dan Tantangan Cyber Securit...

Seluruh pihak yang memanfaatkan teknologi digital, termasuk para pelaku industri fintech, diharapkan dapat mengantisipasi ancaman Cyber dengan serius.

Lihat Lebih Right
whatsapp